Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 14, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

Event Keagamaan Mendorong Terwujudnya Keharmonisan Umat Beragama

Event Keagamaan Mendorong Terwujudnya Keharmonisan Umat Beragama

Gubernur Papua Lukas Enembe menghadiri pembukaan kegiatan MTQ ke XXV tingkat Provinsi Papua sekaligus membuka kegiatan perlombaan MTQ yang dilaksanakan di Kabupaten Merauke yang diselenggarakan di Halaman Masjid Raya Al-aqsha Merauke Selasa (13/5). Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih atas peran semua pihak terutama Pemda dan masyarakat Merauke yang tanpa memandang perbedaan  dan penuh  keramahan menyambut para kafilah dari seluruh penjuru Papua, hal ini membuktikan contoh pelaksanaan prinsip dasar dalam penyelenggaraan kepemerintahan selama dirinya dan wakil Gubernur menjabat adalah kasih menembus perbedaan telah benar-benar diwujudnyatakan.

“Kasih itu tidak tumbuh di ruang yang hampa. Namun kasih itu hidup di atas tanah Papua, tanah Firdaus,” terang Enembe. Penyelenggaraan MTQ merupakan kegiatan yang memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan umat Islam mengingat event keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan sekaligus mendorong terwujudnya hubungan yang harmonis umat beragama, etnis dan kelompok sosial lainnya. Bagi Pemerintah Provinsi Papua, MTQ ini memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai perekat kebersamaan antar umat.

“Selain itu, secara nyata mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah khususnya  di Kabupaten Merauke. Untuk itu saya harapkan  Pemda Merauke dapat mengembangkan perekonomian berbagai produktif dan kreatif dalam mendorong percepatan perekonomian daerah karena para kafilah pasti akan mencari buah tangan khas Papua Merauke untuk dibawa pulang. Ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan masyarakat”tambahnya.

Lantunan pembacaan ayat-ayat Al-quran dengan tema menggema selama pelaksanaan MTQ diharapkan akan mampu menciptakan nuansa religius  dan menghadirkan agama yang memberi kesejukan batin bagi masyarakat.  Kegiatan MTQ dapat menjadi forum untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama  yang mengandung nilai positif  dalam  memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan lintas agama sebagai sesama warga masyarakat khususnya di Merauke dan Papua pada umumnya. Usai memberikan sambutannya, Lukas Enembe bersama dengan pejabat tinggi pemerintah lainnya membuka secara resmi pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Papua ke XXV di Kabupaten Merauke yang terpusat di Halaman Masjid Raya Al-aqsha Merauke Selasa (13/5) yang ditandai dengan pemukulan tifa dan penekanan tombol pembukaan Kitab Al-quran sebagai tanda kegiatan MTQ dibuka.

Sumber : suara.merauke.go.id

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>