Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 20, 2013 in Bisnis | 0 comments

Harga Kentang Mulai Melonjak

Harga Kentang Mulai Melonjak

Tingginya curah hujan di sentra produksi kentang di Pulau Jawa, berimbas pada kenaikan harga hingga di tingkat pengecer, di sejumlah pasar di Kotamadya Jayapura, seperti di pasar tradisional Yotefa, Distrik Abepura.
Seperti Kata Daeng, salah satu penjual kentang skala besar di komplek pasar Sentral Hamadi.
“Harga kentang untuk satu karung mencapai Rp260 ribu dari harga sebelum Rp220 ribu/karung,” ujarnya, Kamis (14/11/2013)
Menurutnya, rata-rata kenaikan harga kentang terjadi mencapai Rp40 ribu/karungnya. Sedangkan untuk harga perkilo menjadi Rp16 ribu, dari sebelumnya Rp13 ribu perkilo.
Menurut Daeng, kenaikan kentang terjadi hampir satu pekan ini, mengingat stok yang semakin menipis.

Karena di beberapa sentra penghasil kentang unggulan, seperti daerah Jeneponto Makasar, sebagian mengalami gagal panen dan rusak karena kondisi alam yang kurang bersahabat, dengan intensitas hujan yang sering terjadi .
“Iya stok mulai menipis,” akunya.
Kentang yang didatangkannya pun telah habis dipesan oleh para pedagang.
“Kemarin baru datang orang sudah banyak yang pesan jadi langsung di antar ke tingkat pemesan baik di Pasar Sentral Hamadi maupun Pasar Youtefa, kebanyakan beli dari sini,” imbuhnya.
Dikatakan, kentang yang didatangkannya adalah kualitas bagus serta tidak cepat busuk.
“Sehingga banyak pengecer yang membeli dari saya, karena kentang yang saya datangkan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama mencapai  1  bulan,” jelasnya.
Diakui, meski mengalami kenaikan yang cukup besar, untuk saat ini penjualan khususnya  di tingkat pengecer tetap stabil, bahkan mengalami kenaikan sekitar 10% dalam pekan ini. (ady/aj/lo2)

Sumber : http://bintangpapua.com/index.php/lain-lain/k2-information/ekonomi/item/10591-harga-kentang-mulai-naik

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>