Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Dec 24, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

Jokowi Harus Selesaikan Papua dengan Hati

Jokowi Harus Selesaikan Papua dengan Hati

Berkaitan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua untuk menghadiri perayaan Natal Nasional 2014, maka Imparsial menilai ada hal-hal yang harus diperhatikan Presiden berkaitan dengan Papua.

“Pertama, kunjungan Jokowi ke Papua untuk merayakan Natal secara Nasional diharapkan dapat mewujudkan lahirnya harapan baru bagi terciptanya perdamaian yang dilandasi persaudaraan dalam kebhinekaan, serta merekatkan Papua di dalam ke-Indonesia-an. Kedua, kunjungan Jokowi ke Papua diharapkan dapat menjadi upaya untuk menyelesaikan masalah Papua dengan hati,” kata Direktur Eksekutif Imparsial Poengky Indarti dalam siaran pers Imparsial seperti dilansir dari suaramerdeka.com, Selasa (23/12).

Menurut Poengky, dengan menyelesaikan masalah Papua dengan hati, maka berarti Jokowi tidak akan menggunakan kekerasan dalam penyelesaian kasus Papua. Upaya ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat Papua sejak dulu, karena pemerintahan-pemerintahan sebelumnya – kecuali pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) – masih mengedepankan kekerasan bersenjata dalam menangani konflik di Papua.

“Oleh karena itu Imparsial mendesak kepada Presiden Jokowi untuk segera mempersiapkan dialog damai guna dapat mengurai permasalahan yang membelit Papua selama ini. Imparsial juga mendesak Presiden Jokowi untuk tidak merealisasikan pertimbangannya dalam mendirikan Kodam baru di Papua, mengingat visi misi Presiden Jokowi adalah untuk membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia,” kata Poengky.

Selain itu berdasarkan penelitian Imparsial yang telah dipublikasikan pada tahun 2012, di Papua telah terjadi sekuritisasi TNI yang berlebihan yang berdampak pada terjadinya pelanggaran HAM di Papua

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>