Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 12, 2014 in Berita Terbaru, Opini | 0 comments

Kapendam: Media Perlu Lihat Efek Domino Sebuah Pertikaian

Kapendam: Media Perlu Lihat Efek Domino Sebuah Pertikaian

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Rikas Hidayatullah mengungkapkan bahwa peran media dalam situasi perkembangan jaman saat ini sangat besar. Bahkan untuk menciptakan situasi keamanan di Papua, media juga bisa membuat sesuatu menjadi merah, menjadi hitam ataupun menjadi putih sehingga tak diragukan lagi bagaimana dampak sebuah pemberitaan yang sudah tersebar di masyarakat jika tak terfilter dengan baik. Hal ini disampaikan Rikas saat menggelar silaturahmi dengan media di  Kantor Pendam, Makodam XVII/Cenderawasih, Sabtu (10/5).

Menurutnya, jika berbicara soal Trias Politika dimana dulunya hanya menyebut bahwa pilar sebuah bangsa terbagi dari tiga yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif. Namun saat ini  pilar tersebut bertambah menjadi empat yaitu media atau pers. Pers diakuinya menjadi satu pilar karena memiliki kekuatan yang bisa menentukan arah pemerintahan. Apakah pemerintah jatuh atau justru bertahan bisa karena tulisan sebuah media.

“Saya ingin katakan seperti itu, saat ini tidak hanya tiga pilar bangsa tetapi empat ditambah pers,” beber Kapendam Rikas kepada puluhan personil media.  Karenanya ia juga berharap ada media bisa melihat efek domino dari sebuah pemeritaan terutama menyangkut konflik. Pihaknya tak ingin kejadian di Ambon juga terjadi di Papua. Cukup persoalan di Ambon menjadi pelajaran berharga bagi daerah lain untuk sama-sama bisa menciptakan situasi yang kondusif untuk terselenggaranya pembangunan. “Jika salah menyadur maka efek dominonya bisa membuat sebuah konflik justru meluas dan saya pikir kita sepakat tidak ingin Papua seperti itu. Kita ingin Papua bisa terus berkembang tanpa ada gangguan,” jelasnya.
Pernyataan Rikas ini bukan untuk menggurui media tetapi bagaimana mengajak media untuk bisa mengkaji kembali dampak dari sebuah pemberitaan. Ia juga berterimakasih karena dari keributan yang terjadi di Sorong beberapa pekan lalu tak meluas.

Sementara itu,  Ketua Aliansi Jurnalis Independen  (AJI) Kota Jayapura,  Victor Mambor merespon positif upaya Pendam untuk melakuan silaturahmi dengan media. Menurutnya komunikasi seperti ini layak intens dilakukan, bahkan AJI berjanji  dalam waktu dekat akan menjadi pihak yang mengundang Pendam dan bukan sebagai tamu melainkan tuan rumah.

Sumber : cenderawasihpos.com

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>