Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 21, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

Kasdam XVII Cenderawasih Akui Ada Kelompok Yang Ingin Memisahkan Diri Dari NKRI

Kasdam XVII Cenderawasih Akui Ada Kelompok Yang Ingin Memisahkan Diri Dari NKRI

Kasdam XVII Cenderawasih, Brigjen TNI H Siburian mengakui bahwa masih ada kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Hal tersebut disampaikan dihadapan peserta Konferensi VI Antariman Indonesia di Hotel Sentani Indah kabupaten Jayapura.(20/05/2014).

“Memang ada sekelompok masyarakat di Papua yang OPM. Ada yang bersenjata, ada yang tidak, mereke memutar balik isu untuk membentuk opini dan persepsi,” jelasnya.

Kasdam menjelaskan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pihak TNI.

“Kita berkomunikasi, sebagian dari mereka turun dan sadar. Masih ada kelompok yang ada di hutan. Bukan musuh”.

Menurutnya TNI melakukan segala daya upaya agar kelompok tersebut bisa kembali turun dan ikut terlibat dalam pembangunan di Papua.

Kasdam mencontohkan kejadian di Mulia Puncak Jaya, ”kenapa terjadi? Karena mereka bersenjata. Mereka kriminal karena itu kegiatan kriminal menembak ambulance, guru, tukang ojek juga supir yang membawa sembako dari Wamena ke Mulia”

“Pergerakan TNI sesuai aturan perundang-undangan yakni membantu dan melindungi masyarakat supaya jangan diganggu”.

Kasdam pun menambahkan bahwa masalah Papua jangan dianalogikan dengan yang ada di luar Papua sebab harus melihat kondisi riil di Papua.

Terkait dengan perilaku aparat TNI, “Hari ini TNI sangat beda dengan paradigma yang baru pada prajurit TNI berlaku hukum,” tegasnya.

“Namun hingga kini Papua masih tertib sipil sama seperti daerah lainnya di Indonesia sehingga prajurit TNI menyesuaikan dan bergerak atas pemintaan polisi. Bergerak sesuai aturan hukum,” paparnya.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>