Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 26, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

Keamanan di Papua Mendapat Perhatian Media Asing

Keamanan di Papua Mendapat Perhatian Media Asing

Polda Papua menerima tiga jurnalis asing dari media Aljazeera, Selasa (25/11) pagi. Kedatangan mereka ini dalam rangka untuk melihat situasi Papua secara langsung, karena selama ini mereka hanya mendengar melalui pemberitaan bahwa Papua tidak kondusif.

Dalam kunjungannya, rombongan jurnalis dari Aljazeera yang terdiri dari Stephanie, warga kebangsaan Belanda selaku koresponden Aljazeera, Syarina Hasibuan, koresponen Aljazeera di Indonesia dan Bobby Nugroho, juru kamera Aljazeera di Indonesia, diterima oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes (Pol) Sulistyo Pudjo Hartono, bersama sejumlah pejabat Polda Papua di Ruang Cenderawasih.

“Papua sangat maju dibandingkan ketika masih zaman penjajahan Belanda, yang mana sekarang sudah ada Dokter, Doktor maupun Profesor yang disandang orang Papua. Memang kadang, perlu pendekatan lebih,” kata Kabidhumas.

“Jadi saya jelaskan kepada mereka bahwa secara umum situasi Papua itu kondusif, kecuali ada penonjolan karakteristik di Papua. Contohnya, adanya konflik-konflik kecil, perang suku, konflik tanah dan konflik antar Kelompok Kriminal Bersenjata, tetapi cukup mengganggu kamtibmas,” kata Kabidhumas.

Untuk penanganannya, papar Pudjo, pihak Kepolisian mengedepankan langkah soft atau pendekatan dengan mengedepankan humanisme untuk menangani berbagai masalah di Papua. Langkah ini sudah dianggap cukup berhasil, yang mana gangguan-ganggan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata saat ini tidak dilakukan secara intens melainkan hanya secara sporadic.

“Elemen-elemen di Papua yang sering menamakan diri kelompok kriminal bersenjata, senjatanya sangat sadis dan penindakannya di atasi secara khusus. Namun kami selalu tangani mereka dengan pendekatan terlebih dahulu,” kata Pudjo.

Ia juga menerangkan bahwa masalah yang selama ini terjadi di Papua, kebanyakan di latarbelakangi masalah pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan. Sedangkan masalah keamanan sudah menjadi bagian seluruh dinamika yang ada di Papua. Pudjo juga mengakui telah melakukan penangkapan-penangkapan terhadap para pelaku KKB yang mengganggu di wilayah Pegunungan.

“Khusus untuk masalah KKB memang dikedepankan dengan masalah kesejahteraan. Para pelaku kejahatan, harus mendapatkan upayakan penegakan hukum sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya,” tandasnya [JPNN]

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>