Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jul 17, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

Pemerintah Giatkan Pemulihan Kampung Djayanti Pasca Konflik

Pemerintah Giatkan Pemulihan Kampung Djayanti Pasca Konflik

Komando Distrik Militer (Kodim) 1710, Polres Mimika dan Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika menggelar bakti sosial dan pengobatan massal di Kampung Piyoka Kencana dan Kampung Timika Gunung, Distrik Kuala Kencana.

“Ini sebagai upaya cipta kondisi yang dilakukan Kodim dan mendapat dukungan dari Pemda Mimika. Cipta kondisi ini untuk menjaga keamanan wilayah juga untuk pemulihan keamanan di Kampung Djayanti ini,” kata Komandan Kodim 1710, Letkol Raffles Manurung di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (16/7).

Menurut Raffles, kegiatan ini juga merupakan bagian dari pemulihan pasca konflik antar dua kelompok. “Sebab langkah-langkah dalam penanganan konflik itu setelah sebelumnya diadakan patah panah dan sebagainya, kemudian masuk pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Dalam tahapan ini kita mulai merapi-rapikan dan mengambil sikap pengobatan massal dari dinas-dinas SKPD akan mendata dan menginventarisasi anak-anak yang tidak sekolah selama perang suku, kemudian dari Dinas PU membangun rumah-rumah yang rusak dan sebagainya,” jelasnya.

Menurutnya, ada sekitar 500 aparat keamanan dari TNI dan Polri dilibatkan untuk membantu memulihkan masyarakat dengan melakukan kerja bakti dan pengobatan gratis. “Pasukan yang hadir ada lima ratus orang terdiri dari jajaran TNI dan Polri. Semua kita libatkan termasuk masyarakat dan pemda, kita hadirkan disini,” ujarnya.

Dandim mengharapkan, Pemda Mimika dapat melaksanakan tugas mereka melayani masyarakat di tempat tersebut.
“Harapan kita dari kegiatan ini, kita akan mengadakan pengobatan massal. Memancing semua SKPD supaya turun melaksanakan rencana aksinya di sini. Mereka dapat melihat langsung dan menginventarisir semua permasalahan yang ada dari masyarakat. Sehingga kita tahu apa permasalahannya, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Dandim juga mengharapkan agar masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan yang saat ini diabaikan, sebab ia menilai pemahaman masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih kurang.

“Masyarakat juga dapat menjaga kebersihan lingkungan, sebab kita lihat lingkungan saat ini sangat kotor dan kita gampang terkena penyakit dan kita juga ajak Dinas Kesehatan dan Tim Malaria Control untuk membagi semua kelambu-kelambu, sebab itu yang diharapkan oleh masyarakat disini, sehingga mereka menjaga dan membersihkan sendiri lingkungan mereka,” harapnya.

Menurut Dandim, meski kegiatan tersebut hanya sehari, namun kedepannya pemerintah akan melanjutkannya dengan memeriksa dan mendaftar permasalahan-permasalahan yang dapat dituntaskan serta berbagai pelayanan dan penyuluhan terhadap masyarakat.

“Kegiatan untuk pengobatan massal dan karya bakti ini satu hari, dan tahap berikutnya dalam rehabilitasi dan rekonstruksi masing-masing SKPD sedang belanja masalah dengan mengecek. Mungkin dari Dinas PU atau Kepolisian akan melakukan kegiatan non-fisik, juga dari kita akan mengadakan kegiatan berwawasan kebangsaan, bela negara dan sebagainya,” ujarnya.

Penjabat Bupati Mimika, Ausilius You, dalam sambutannya saat pembukaan bakti sosial mengatakan, ia akan menugaskan para pimpinan SKPD agar membantu memulihkan kehidupan masyarakat Djayanti yang tidak harmonis dalam beberapa minggu yang lalu akibat perang suku.

“Dihari ini pimpinan SKPD hadir disini, kita akan data terutama pada dinas pendidikan berapa banyak anak-anak yang tidak sekolah hanya karena peristiwa beberapa minggu yang lalu. Diharapkan mereka didata baik dan disekolahkan di sekolah terdekat,” tutur Ausilius.

Menurut Ausilius,  para SKPD akan melakukan pendataan apa saja yang diperlukan masyarakat. Ada juga Dinas Pekerjaan Umum, sehubungan dengan perumahan yang entah sengaja atau tidak sengaja, dibakar seketika itu. Agar didata dan kedepan diprogramkan supaya kampung Djayanti betul-betul didalamnya terdapat masyarakat yang mampu, siap berkopetensi dengan kampung-kampung yang lain di Mimika. “Ini yang saya sampaikan sebelum kita (SKPD-red) berkarya bakti dengan masyarakat,” katanya.

Ausilius meminta agar seluruh masyarakat dapat menerima maksud baik pemerintah yang dengan tulus hati membantu mereka, serta mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur. “Untuk itu saya mengajak kita semua memanjatkan pujian dan doa kita kepada Tuhan, karena kita selalu ada dalam keadaan baik. Dalam kebaikan itu pula-lah kita dapat dihadirkan untuk memulihkan itu semuannya dalam bentuk karya bakti,” serunya.

Sumber : Tabloidjubi

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>