Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jul 8, 2014 in Berita Terbaru | 0 comments

TNI Yakin Tidak Ada Kekacauan di Papua Saat Pilpres

TNI Yakin Tidak Ada Kekacauan di Papua Saat Pilpres

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen Christian Zebua, optimistis apa pun hasil pemilihan presiden tidak akan terjadi kekacauan di Papua. Menurutnya, yang perlu diwaspadai adalah gangguan dari kelompok separatis bersenjata, yang mengancam akan menyerang sejumlah instalasi militer dan Polri.

“Saya kira Papua dengan daerah lain di Indonesia sangat jauh berbeda, baik dari aspek geografis maupun karakter pemilih, sehingga potensi ancaman Chaos pada Pilpres sangat kecil kemungkinannya terjadi,” kata dia.

“Tapi ancaman kekerasan dari kelompok yang berseberangan potensinya tinggi, apalagi mereka sudah melontarkan ancaman,” ujar Mayjen Christian Zebua, Selasa 8 Juli.

Selain ancaman gangguan terhadap pos TNI maupun Polri, ancaman lain adalah seruan boikot dari kelompok yang sama, yang tujuannya menghambat proses pemungutan suara Pilpres.

“Ancaman lain, seruan boikot pemungutan suara Pilpres yang jelas mencoba menciptakan keresahan,” kata Zebua.

Untuk itu, TNI dan Polri sudah meningkatkan kewaspadaan di sejumlah wilayah yang dianggap rawan.

“Masyarakat tidak usah takut, silahkan pergunakan hak pilihnya, TNI dan Polri siap menjaga keamanan,” paparnya.

Hal senada juga dikatakan Wakapolda Papua, Brigjen Paulus Waterpauw, bahwa potensi Chaos di Papua sangat kecil. “Gangguan Pilpres di Papua lebih diantisipasi dari kelompok kriminal bersenjata, yang ingin menggagalkan jalannya Pemiu Pilpres,” ujar Paulus.

Mengantisipasi potensi gangguan itu, Polda Papua sudah mulai menggeser personilnya ke daerah yang dianggap rawan seperti Kabupaten Lanny

Jaya yakni di sekitar wilayah Pirime, kemudian Kabupaten Puncak, Keerom, Jayapura, Yapen dan Skow, Wutung yang terletak di Kota Jayapura, berbatasan langsung dengan wilayah Papua Nugini.

Meski demikian, tidak ada penambahan personil dari luar Papua. “Personil yang ada dianggap masih cukup untuk mengamankan jalannya Pipres,” ujar Wakapolda

Sumber : Viva

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>