Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 22, 2014 in Berita Terbaru, Opini | 0 comments

‘Toleransi Antara Agama Perlu Diatur Dalam UU’

‘Toleransi Antara Agama Perlu Diatur Dalam UU’

Toleransi antara agama perlu diatur dalam Undang-Undang karena di Indonesia dihuni berbagai macam agama dan kepercayaan.

Demikian diungkapkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas sebelum menyampaikan materi pada Konferensi Nasional VI Jaringan Antar Iman Indonesia (JAII) di Hotel Sentani Indah, Rabu (21/5/2014).

“Yang kami harapkan adalah hasil dari konferensi ini bisa diimplementasikan dalam sebuah kebijakan dan ini penting sekali dimana toleransi di Indonesia harus betul-betul dijaga dan diperhatikan siapaun yang jadi presidennya,” ujar GKR. Hemas.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan semua itu, maka pemerintah harus membuat sebuah perlindungan konstitusional yang bisa mengatur dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar agama dan rumah ibadah bisa terlindungi dengan baik.

Seain itu, untuk mencegah adanya tindakan diskriminasi agama, maka dirinya selaku anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI ini sangat menyetujui jika dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) tidak dicantumkan agama sesorang, sebab tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di Indonesia banyak sekali agama dan kepercayaan, namun sayangnya hanya ada 6 agama yang diakui oleh undang-undang.

“Dalam undang-undang Administrasi kependudukan hanya 6 agama yang diakui, padahal jika kita mau jujur sebenarnya ada banyak aliran kepercayaan tradisional yang tidak diakui, padahal aliran tradisional ini merupakan dasar dari agama yang dianut oleh mayarakat di Indonesia dan merupakan sebuah jadi diri sebauh suku bangsa,” tuturnya.

“Agama kepercayaan tidak bsia dipaksakan dalam 6 agama resmi, jika dipaksakan maka ini akan sangat berbahaya, jadi saya pikir sangat setuju jika di KTP tidak ada keterangan agama,” kata GKR Hemas.

Sumber : Suluhpapua.com

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>